Minggu, 08 Mei 2011

PERSETUJUAN, SANGGAHAN DAN PENOLAKAN CONTOH SOAL

1. Kalimat sanggahan dalam diskusi antara lain ....a. saudara Tatik ini gimana? Masak seperti itu
b. menurut pendapat saya sebaiknya pelaksanaannya diundur
c. ya, udah terserah aja! Kalo hanya gitu
d. tak usah emosi, masak ibu begitu marah

2. Berikut ini tata cara mengajukan usul yang baik, kecuali ….
a. mengacungkan tangan terlebih dahulu
b. tidak memotong pekerjaan
c. tetap sabar dan tidak ngotot
d. menggebrak meja agar semua diam

3. Dalam memberikan komentar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, kecuali ....
a. kejelasan arah topik yang didiskusikan
b. pentingnya topik bagi pembicara
c. kelogisan alasan yang diungkapkan
d. kesantunan dalam menyampaikan

4. Pernyataan yang baik untuk menyatakan persetujuan suatu pendapat dalam sebuah diskusi adalah ....
a. saya setuju dengan pendapat terakhir ini. Kalau pendapat Saudara Linda tidak masuk akal
b. saya sependapat dengan Saudara Anis, tapi kalau pendapat Saudara Linda rasanya tidak baik
c. saya sejalan dengan pemikiran Saudara Anis sebab kalau pendapat Saudara Linda dapat memicu
    perpecahan anggota
d. saya mendukung gagasan Saudara Anis sebab dengan meletakkan dasar-dasar organisasi sebagai acuan,
    kita akan dapat tetap memiliki arah yang sama

5. Yang termasuk kalimat sanggahan yang tidak sopan, kecuali ...
a. Saya sangat tidak setuju dengan pendapatmu. Alasanya, tindakan seperti itu jelas-jelas melanggar hak asasi
    manusia.
b. Pendapat ini sangat menarik dan pasti baik. Percayalah, masalahnya kita tahu siapa yang
    mengungkapkanya.
c. Saya sangat setuju dengan pendapat Saudara, namun mungkinkah hal itu dilakukan sekarang?
d. Sebaiknya Anda jangan berpendapat dulu karena setiap pendapat yang Anda sampaikan hampir tidak
    relevan.

1 komentar: